Pages

Selasa, 11 Oktober 2011

Tips Membuat Web / Blog Professional

Sebenarnya, membuat blog / website menjadi lebih baik bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan. Karena terdapat beberapa banyak hal yang orang lupakan, yaitu poin penting saat membuat website yang professional.



Terdapat beberapa poin penting ketika kita membuat sebuah website, antara lain :


1. Homepage situs harus dapat diakses maksimal 8 detik atau dapat diakses melalui koneksi jaringan internet minimal 29 kbps.  Apabila proses koneksi membutuhkan waktu yang terlalu lama, malah akan menyebabkan berkurangnya, bahkan hilangnya pengunjung karena tidak mau menunggu proses loading yang terlalu lama. Bahkan, kita bisa kehilangan calon customer kita.


2. Pastikan menyertakan META Tag pada masing-masing halaman website anda. META Tag adalah kode yang memungkinkan search engine (ex : Google ) untuk menentukan kata kunci yang relevan dari website anda.


3. Pilih warna / tampilam latar belakang yang sesuai, dan jangan sampai mempengaruhi teks untuk dibaca. Usahakan memilih warna yang sesuai dengan dengan artikel yang terdapat pada web anda.


4. Homepage dari situs anda harus menampilkan lebih spesifik agar pengunjung mengetahui isi dari blog anda.  Jangan sampai pengunjung menjadi bingung dengan tampilan yang tidak jelas dan bermanfaat. 


5. Hindari pemasangan iklan dibagian atas web anda, terutama pada bagian header. Batasi jumlah banner yang akan ditayangkan, paling tidak sekitar 2-3 banner saja, 1 banner lebih baik. Semakin banyak jumlah banner, maka semakin lama pula proses yang dibutuhkan untuk mengakses web anda.


6. Periksa link ketika membuat postingan, jangan sampai  terdapat link yang tidak bisa dibuka. Segeralah ganti link yang telah rusak dengan link baru yang masih dapat digunakan.


7. Gunakan animasi  seperlunya, jangan terlalu banyak menggunakan animasi yang malah akan membuat blog menjadi lebih berat untuk diakses.  Memasang animasi tidak menjadi jaminan untuk membuat situs anda menarik perhatian pengunjung, atau malah membuat pengunjung kabur.


8. Gunakan frame secara tepat jika dibutuhkan. Pada dasarnya penggunaan frame pada website akan terkesan kurang professional. Kurangi halaman yang membutuhkan scroll terlalu panjang, ini akan mengakibatkan pengunjung menjadi kurang nyaman untuk mencari informasi sehingga akan malas untuk melihat web anda lagi.


9. Perhitungkan jumlah klik yang dibutuhkan untuk pindah dari halaman 1 ke halaman lainnya. Jika terlalu banyak klik akan sangat membosankan bagi pengunjung. Anda bisa menerapkan sistem navigasi yang lebih nyaman dengan menyertakan logo pada tiap halamannya.


10. Kurangi Script yang tidak berguna pada blog anda, lebih baik membuat blog sedikit script ramah lingkungan dibanding web dengan script yang numpuk bagaikan bantar gebang. Mungkin akan terlihat baik untuk anda, tapi tanya apakah pengunjung nyaman dengan web anda ???


11. Usahakan agar blog anda tidak dipasang Autoplay suara ketika pengunung datang ke blog anda. Lebih baik jika pengunjung bisa memilih sendiri apakah web ingin memutar musik atau tidak. Karena kenyamanan ada ditangan pengunjung.


12. Akhirnya sampai pada akhir postingan  ( Capek Ngetik Ciliriv ).  Periksa web anda pada beberapa browser, apakah di browser lain akan menurunkan kualitas blog anda  ( mungkin saja ada beberapa script yang tidak work ).


Sekian yang saya sampaikan. 

0 komentar:

Posting Komentar